Lebih Baik Pakai Bantal atau Tidak?

Sebagai manusia, ada 1 kegiatan yang sangat rutin dilakukan dan susah untuk dilupakan yaitu tidur. Tidur yang merupakan suatu kegiatan di mana badan terasa santai dan pikiran berada di dalam dunia lelap yang penuh mimpi, imajinasi, bahkan halusinasi. Bahkan tidak jarang ada yang tidur suka ngences #eh.

Menurut kalian, lebih nyaman tidur dengan bantal atau tanpa bantal? Jawabnya pasti dengan bantal kan?

Bantal merupakan perlengkapan tidur yang dipakai hampir semua orang di dunia. Beda dengan guling yang hanya di negara tertentu saja. Tapi yang jelas setiap mendengar kata “tidur”, yang kita pikirkan itu bantal dan guling. Lalu bagaimana dengan tidur tanpa bantal dan guling? Apakah nyaman?

Menurut ilmu kedokteran, tidur tanpa bantal dan guling justru lebih disarankan. Ini manfaat-manfaat tidur tanpa bantal:

1. Tampak Awet Muda

Tidur tanpa menggunakan bantal dapat membuat kita terlihat lebih awet muda. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kualitas tidur yang lebih baik karena tidak adanya objek yang mempengaruhi pada saat tidur. Sehingga ketika bangun, tubuh tetap terasa segar yang secara tidak langsung juga mencegah munculnya kerutan di wajah.

Bahkan konon dengan tidur tanpa menggunakan bantal secara rutin, maka kita akan memperoleh manfaat ini dan menjaga agar tubuh Anda tetap terlihat awet muda.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Dengan tidur tanpa bantal, kesehatan tulang dapat terjaga. Sangat disarankan bagi yang sering merasakan sakit pada tulang saat tidur. Kehadiran bantal membuat ganjalan pada struktur tulang sehingga dengan tidur tanpa bantal, kita dapat terhindar dari gangguan tulang seperti osteoporosis.


3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur nyenyak sangat diharapkan pada saat tidur. Bahkan dengan tidur tanpa bantal “katanya” lebih meningkatkan kenyenyakan.

Menurut beberapa sumber, kualitas tidur meningkat ketika tidur tanpa beban. Termasuk tidur tanpa menggunakan bantal yang dapat menjadi beban kepala tersendiri.

Kualitas tidur yang meningkat dapat mencegah imnsomnia, terbangun mendadak pada saat tidur, dan lainnya.

Pada suka begadang kan? Jika iya maka kemungkinan terkena imsomnianya lebih besar. Jadi, disarankan saja untuk tidur tanpa bantal.

4. Meluruskan Tulang

Siapa nih yang tidak mau badan ideal? Yang tegap gitu. Tidur tanpa bantal dapat menormalkan struktur tulang. Struktur tulang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Tidur tanpa bantal mampu mengatasi struktur tulang yang bermasalah dan menegakkan posisi badan.

Nah, bagaimana? Jadi ingin tidur tanpa bantal? Tapi jangan salah ya, tidur dengan bantal juga ada manfaatnya juga loh. Apa ya?

1. Mencegah Kram atau Sakit

Bantal dan guling yang memiliki tekstur empuk, tidak keras, dan tidak terlalu lembek dapat menyesuaikan posisi tubuh yang nyaman pada saat tidur. Efeknya akan memperlancar aliran darah ke otak sehingga mengurangi kram atau sakit pada leher saat bangun pagi.

2. Tidur Nyaman, Pikiran Segar

Bantal dan guling membuat tidur lebih nyaman. Apalagi setelah keras belajar, berpikir, dan bekerja, kita membutuhkan tidur yang cukup dan nyaman sehingga pikiran kita pun akan pulih dan kembali segar. Hmm pantesan saja kalau lagi tidak ada mood pasti enaknya tidur peluk pacar bantal dan guling.

3. Mengamankan Tidur

Bantal dan guling itu memberikan rasa aman ketika tidur. Bantal dan guling memberikan pengamanan yang difungsikan sebagai penahan posisi tidur, apalagi bagi sebagian orang yang memiliki kebiasaan tidur yang tidak tenang. Kehadiran bantal akan membantu menjaga dan menandai posisi tidur.

4. Memberi Kehangatan

Bantal dan guling banyak terbuat dari busa dan kapas. Bahan-bahan tersebut dapat menyerap suhu hangat yang dikeluarkan tubuh dan membuat tubuh kita rileks sepanjang tidur. Selain itu juga memberi rasa kehangatan karena terasa ada yang memeluk. *efek jomblo*

Hmm, Saints, apakah bimbang dalam memilih cara tidur? Pilihlah yang menyamankan dan yang menurut kita terbaik untuk tidur lelap. Karena setiap pilihan ada lebih dan kurangnya. Happy Sunday, guys!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s