Sudah Main Pokemon Go?

Sudah pernah melihat orang-orang mondar-mandir di jalan menatap layar smartphone? Atau mungkin elo sendiri yang seperti itu? Yeah, mungkin dia lagi berusaha mencari dan menangkap Pokemon.

Pokemon Go? Kudet banget kalau tidak tahu game yang satu ini di tahun 2016 sekarang. Kehadirannya sangat fenomenal bahkan masih menjadi trending topic di berbagai sosial media, situs, dan blog. Sudah pada coba belum?

Cara Mengunduh Pokemon Go

Sebelum berbicara lebih jauh, pastikan dulu elo sudah mengunduh dan menginstall Pokemon Go. Karena pada saat tulisan ini dibuat Pokemon Go belum resmi tersedia di Indonesia, maka kita belum bisa men-download melalui Google Play Store atau Apple App Store. Update: Unduh langsung melalui application store gadget masing-masing. Berikut linknya:

Untuk memainkan, bisa diakali. Untuk iOS sih agak ribet pakai sangat karena kita harus mengubah Apple ID ke region negara yang telah didukung Pokemon. Nah kalau Android sedikit lebih mudah karena tinggal mengunduh APK-nya dan diinstall ke smartphone kita.

Pokemon Go – PlayStore Android
Pokemon Go – AppStore iOS

Install-lah seperti biasa. Bagi yang tidak bisa, silakan cari caranya di YouTube atau komen di bawah.

Bagaimana Cara Main Pokemon Go?

Sesudah install, sebelum main lebih jauh, berikut ada sekilas ulasan dalam bermain Pokemon Go yang dilansir dari Urban Digital:

Memulai

Saat pertama kali membuka game ini, kita diminta untuk login menggunakan akun Google. Belum tersedia opsi login dengan akun lain semisal Facebook.

Kemudian setelah berhasil login, kita akan diminta untuk membuat profil Pokemon trainer. Kita diminta untuk memasukkan nick name, pilih jenis kelamin dan aksesoris yang akan digunakan, mulai dari topi, hoodie, tas backpack, dan celana.

Setelah Pokemon Trainer selesai, saatnya bermain.

Game Play

Kita akan dihadapkan pada peta yang sesuai dengan daerah tempat tinggal atau keberadaan kita. Pastikan GPS di smartphonemu aktif kalau ga mau ketemu trouble.

Ada tiga Pokemon yang terlihat di dalam peta tersebut. Kalian diminta untuk memilih salah satu sebagai Pokemon pertama.

Untuk menangkap Pokemon yang terlihat di peta, cukup tap Pokemon tersebut, nanti kita akan melihat layar yang menampilkan Pokemon dan Pokeball. Kita cukup swipe Pokeball tersebut agar mengenai Pokemon yang ingin ditangkap.

Jumlah Pokeball yang kita miliki terbatas, jadi pastikan kita bisa melemparnya tepat mengenai sasaran. Yang bikin greget adalah, Pokemon bisa saja keluar dari Pokeball meskipun sudah berhasil kita masukkan. Jadi pastikan kita mendapatkan pesan ‘Gotcha‘ untuk memastikan bahwa Pokemon benar-benar sukses menjadi tangkapan kalian.

Game ini juga menggunakan teknologi augmanted reality, yang membuatnya sangat adiktif. Pokemon Go mengharuskan kita bergerak secara aktif di dunia nyata untuk menemukan Pokemon, mendapatkan Pokeball, dan juga telur Pokemon gratis di Pokestop yang terlihat di peta dengan warna biru.

Bahkan kita juga bisa melatih Pokemon di gym yang juga berada di lokasi tertentu. Namun untuk bisa menggunakan fasilitas gym ini, Pokemon trainer harus sudah level 5 ke atas.

Untuk menaikkan level, kita harus sering menangkap Pokemon untuk mendapatkan poin XP. Sama seperti game-game lain, untuk naik ke setiap level, dibutuhkan poin XP tertentu.

Saat pertama kali main, kita akan dibekali dengan 50 Pokeball, 2 Incense, Kamera, dan Egg Incubator. Incense berfungsi untuk mengundang para Pokemon datang ke tempat kita. Ini digunakan jika kita malas keluar untuk mencari Pokemon.

1 Incense berfungsi selama 30 menit, dan tidak ada jaminan jumlah Pokemon yang didapat saat menggunakan item ini. So, gunakan item ini secara bijak, karena untuk membelinya dibutuhkan 80 koin untuk 1 Incense (100 koin dihargai Rp15.000).

Pokemon Go memiliki beberapa menu pilihan, yaitu Pokedex untuk melihat jumlah Pokemon yang sudah didaftarkan, Pokemon untuk melihat Pokemon yang sudah kita tangkap, Items untuk melihat item yang kalian miliki, dan Shop untuk berbelanja item atau koin.

Kita bisa meningkatkan kekuatan melalui Pokedex dengan memilih Pokemon yang akan kalian upgrade. Kalian juga bisa melihat profil trainer kalian dan level pencapaiannya.

Pokestop

Tips buat yang belum tahu, setelah berhasil membuat profil Pokemon trainer, kita akan disajikan hamparan peta lokasi di mana kita berada saat itu. Perhatikan di mana saja letak Pokestop yang terdekat dari tempat kita berada. Pokestop merupakan tempat di mana kita bisa mendapatkan Pokeball ataupun Pokemon Egg secara gratis.

Namun jika kita tinggal di tempat terpencil, tentu tidak banyak Pokestop yang akan dijumpai. Nah di sinilah saatnya kita mencari Pokestop saat berpergian, baik ke sekolah, kampus, kantor, atau ketika jalan-jalan. Pokestop biasanya adalah area publik dan tempat-tempat populer yang sering dikunjungi.

Eh, namun kalau kita menjumpai Pokestop yang berada di tempat tertentu semisal halaman rumah orang, kantor polisi, kantor pemerintahan, atau bangunan yang diperlukan izin khusus untuk bisa masuk, sebaikny kita minta izin terlebih dahulu sebelum berburu ya. Daripada mengalami kejadian yang tidak mengenakkan yang disebabkan bermain game Pokemon Go di daerah “terlarang”.

Pokemon Egg

Ketika di Pokestop, selain mendapatkan Pokeball, kadang kita akan mendapatkan Pokemon Egg. Nah untuk menetaskannya, kita cukup buka Menu (icon Pokeball) dan pilih Pokemon. Setelah itu pilih ‘Egg’. Kita akan melihat telur-telur yang sudah kita punya.

Tap ikon yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih tempat Incubator. Setelah itu, pilih telur yang ingin ditetaskan.

Kita akan melihat telur-telur tersebut memiliki keterangan angka dalam satuan kilometer. Yeah, karena untuk menetaskan telor tersebut, kalian harus bergerak sejauh jarak yang tertulis. Biasanya, semakin jauh jarak yang dibutuhkan, maka Pokemon yang didapat akan semakin bagus.

Incubator yang kita punya bisa digunakan tidak terbatas, namun satu inkubator hanya bisa menetaskan satu telur saja. Jika ingin menetaskan telur secara bersamaan, kalian bisa beli Incubator tresebut melalui menu Shop.

Gym

Saat sudah sampai ke level 5, berarti kita sudah bisa menggunakan fasilitas gym untuk melatih Pokemon agar lebih kuat. Tapi sebelumnya, kita akan diminta memilih tim. Ada tiga tim yang bisa dipilih: Tim kuning, tim biru, dan tim merah. Masing-masing tim memiliki karakteristik sendiri.

Setelah selesai memilih tim, kita cukup pergi (benaran berangkat membawa gadget kita) ke lokasi yang ditandai sebagai gym. Tap untuk masuk ke gym. Di sana kita akan berhadapan dengan penjaga untuk sparing partner. Untuk masuk ke pertarungan, tap icon yang ada di pojok kanan bawah. Kita akan melihat Pokemon di sana. Untuk mengganti Pokemon yang akan maju bertarung, tap dan ganti dengan Pokemon pilihan kita.

Ada dua pilihan mode saat bertanding, yaitu tanpa menggunakan teknologi augmanted reality (AR), atau menggunakannya. Jika menggunakan teknologi AR kita harus mengarahkan kamera ponsel ke tempat yang ditandai sebagai gym.

Untuk melawan Pokemon lain, kita bisa menyerangnya dengan tap Pokemon musuh, dan menghindari serangan dengan swipe layar kanan-kiri, serta tap lama dan lepas untuk mengeluarkan special attack.

Oh ya, penjaga gym biasanya lebih dari satu, jika kita ingin menguasai gym tersebut, kita harus mengalahkan semuanya. Dan jika kita bisa memenangkan semua pertandingan tersebut, gym itu akan berubah warna menjadi perak (tadinya sesuai dengan warna tim yang menguasai gym tersebut).

Gym yang sudah berwarna perak tersebut bisa kita letakkan Pokemon yang kita punya sebagai penjaga. Tempatkan Pokemon dengan CP besar, agar gym yang sudah dikuasai tersebut tidak mudah direbut oleh Pokemon trainer lain. Jika kalian berhasil mempertahankan benteng tersebut dalam waktu yang ditentukan, kalian akan mendapatkan item-item secara gratis.

Konklusi

Bagaimana kilasan gamenya? Seru kan? Jika belum coba, ayo cobain deh biar ga kudet (kurang update) sama teman-teman yang lain. Jangan lupa tinggalkan komentar dan ikuti terus tag #PokemonGo di sini siapa tahu nanti kita hadirkan tips-tips lain seputar game ini lagi. Hasta manana!

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s