Sayangnya Perjalanan Maria Stella di The Voice Indonesia Harus Terhenti

on

Jumat, 3 Juni 2016 menjadi catatan tersendiri bagi kita dan Maria Stella. Akhirnya, perjalanan Maria Stella di The Voice Indonesia harus terhenti di babak Play Off 2 dan tidak dapat melanjut ke Semi Final.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (4)

Gue sendiri kali ini menonton dari televisi di kamar dan yang buat kesal pada malam itu adalah channel RCTI tiba-tiba hilang dari provider TV berlangganan di rumah gue. Alasannya karena provider TV tersebut tidak lagi bekerjasama dengan MNC Group sehingga dilarang menyiarkan channel-channelnya termasuk RCTI, MNCTV, dan Global TV.

Alhasil gue buru-buru dan bela-belain untuk menyiapkan “alat perang” agar dapat live streaming siaran The Voice Indonesia.

Play Off 2

Maria Stella menjadi penampil pertama yang membuka siaran langsung Play Off 2 yang ditayangkan mulai pukul 21.00 dari Studio 8 RCTI. Membawakan lagu “Part of Me” yang dipopulerkan oleh Katy Perry, Marstel tampil dengan gaya yang berbeda dengan dukungan dancers di atas panggung.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (11)

Entah karena siaran live streaming yang kurang maksimal atau memang karena Marstel sebagai performer pertama yang gugup, gue merasakan penampilan Rika -nama panggilan Maria Stella- tidaklah seperti biasanya. Demikian juga ketika ditanya host VJ Daniel dan Coach Lasso tentang pengalaman pertamanya tampil sebagai opening di acara ini.

Lagu Part of Me yang dibawakan cenderung flat dengan tempo yang diperlambat. Tapi gue engga berkomentar karena gue sendiri tidak ‘pro’ dalam hal ini.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (5)

Dengan busana yang membuatnya terlihat dewasa, aksi Maria Stella tidak berhasil membuat gue merinding seperti minggu sebelumnya. Tapi secara pribadi, gue suka dengan gaya centil dan koreografinya yang semakin berkembang.

Untuk lebih detilnya bagaimana penampilan Marstel termasuk komentar-komentar dari Coach Agnez dan Coach Kaka, silakan nonton video official berikut ini.

Voting dari kita dan juga para pendukung Maria Stella yang berasal dari #TeamKaka melalui SMS hanya bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit sebelum akhirnya ditutup. Untuk babak Play Off 2 ini, setiap tim hanya menyisakan 3 peserta. Peserta dengan hasil votes terbanyaklah yang secara otomatis akan masuk ke babak Semi Final.

Dukungan kita terhadap Maria Stella memang sangat luar biasa. Ingatkah bahwa di grup 1 saat Live Show 1, Marstel pernah memperoleh perolehan SMS tertinggi di dalam timnya. Pencapaian yang luar biasa dan membanggakan pada saat itu.

Namun memasuki babak Play Off, #TeamKaka tidak lagi terpisah menjadi 2 grup. Maria pun harus bergabung dengan grup kedua. Nah, di grup kedua inilah terdapat kontestan yang memiliki fanbase yang sangat besar sehingga dukungan kita mendapat saingan yang sangat berat.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (8)

Sedikit flashback, sistem kompetisi dan voting di The Voice Indonesia berbeda dengan talent show sebelum-sebelumnya semisal Indonesian Idol atau X-Factor Indonesia. Jika yang lain, voting digabung untuk semua juri atau mentor sehingga hanya 1 orang dengan perolehan terendah dari keseluruhan kontestan yang akan dieliminasi.

Sedangkan di TVI ini, voting adalah per tim. Setiap episode, akan ada 1 orang yang dieliminasi dari masing-masing keempat tim. Ini membuat persaingan menjadi sangat sengit meskipun tingkat persaingan di setiap tim bisa saja berbeda.

Akhir yang Menjadi Awal Sebuah Cerita

Di Play Off 1 sebelumnya, Marstel diumumkan memperoleh perolehan voting tertinggi kedua yang secara otomatis meloloskannya ke babak Play Off 2 ini. Namun di babak Play Off 2, karena menyisakan 3 kontestan, maka dukungan hanya hasil voting yang tertinggi sajalah yang diumumkan dan otomatis masuk ke babak selanjutnya. 2 kontestan tersisa akan dipilih oleh coach-nya sendiri untuk diajak maju ke Semi Final.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (10)

Hasilnya ketika diumumkan di penghujung acara, Maria bersama dengan Aline harus menjadi opsi dipilih salah satu oleh Coach Kaka untuk diajak ke babak Semi Final. Dan jika harus fair, penampilan Aline lebih baik pada malam itu dan membuat Aline-lah yang diajak untuk maju ke tahapan selanjutnya.

Itu sekaligus berarti Maria Stella harus mengakhiri perjalanannya di The Voice Indonesia setelah 3 bulan bahkan lebih. Mulai dari big audition, Blind Audition, The Battle, Knockout, hingga Live Show dan Play Off ini.

Kesedihan tentu ada karena Rika (panggilan kecil Marstel) tidak dapat menggapai puncak tertinggi. Tetapi perjalanan ini semua tentu harus disyukuri dan sudah sangat membanggakan.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (3)

Benar. Maria Stella membuat sebuah cerita baru yang sangat layak untuk kita banggakan, kita sebarkan, dan kita teruskan. Cerita bagaimana mimpi seorang remaja asal Pekanbaru, berjuang untuk menggapai cita-citanya dengan cara berkarya dengan kemampuan dan talenta.

Gadis kelahiran 23 Mei ini menginspirasi kita bahwa jika kita mempunyai kemampuan, bakat, dan talenta haruslah disalurkan dan terus dikembangkan. Jika kita menyalurkannya dengan cara yang tepat serta dapat menangkap kesempatan yang ada di depan mata, maka tidak mustahil bahwa kita dapat memperoleh apa yang kita inginkan.

Maria Stella - The Voice Indonesia 2016 (Play Off 2) (1)

Maria yang pas SMA-nya jurusan IPA ini juga sendiri mencatatkan sejarah sebagai Saints pertama yang tembus ke ajang talent show nasional. Hebatnya lagi bisa lolos hingga ke babak Play Off 2 atau 12 besar lolos dari persaingan puluhan ribu orang yang mengikuti audisi. Sebuah milestone tersendiri bagi dirinya, keluarga, almamater, hingga daerah.

Yang jelas, seperti yang gue sering katakan, “Terhenti dari The Voice Indonesia maupun ajang pencarian bakat lain bukanlah akhir dari mimpi maupun perjuangan, tetapi justru adalah awal dari kerja keras dan kemauan untuk terus berkembang dan bertahan dalam menggapai apa yang dicita-citakan.” So, you did it Maria Stella “The Voice”! Teruskan apa yang telah kamu capai dan tunjukkan kepada kita pencapaian serta wujud mimpimu.

Go, go, Maria go!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s