Fakta Unik yang Jarang Diketahui Mengenai Soekarno

6 Juni 2016 adalah peringatan ulang tahun ke 115 tahun Soekarno. Siapa sih yang gak kenal dengan Soekarno? Mulai dari anak SD saampai tukang sate langganan gue pun tahu siapa itu Soekarno, sang proklamator Indonesia.

4792676_20131221024221

Ir. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan Bung Karno adalah seorang tokoh yang sangat penting dalam sejarah NKRI. Beliau bersama Moh. Hatta adalah proklamator kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam.

Tapi tahukah kalian bahwa banyak cerita unik mengenai Soekarno yang mungkin kalian tidak tahu atau baru akan tahu setelah membaca artikel mimin. Berikut mimin berikan 6 fakta unik mengenai Soekarno.

1. Koesno Sosrodiharjo

Masa kecil Soekarno

Hampir sebagian dari kalian pasti asing dengan nama di atas. Tapi tahukah kalian jika itu adalah nama lahir dari Soekarno.

Soekarno terlahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo sebelum pada usia 5 tahun namanya berganti menjadi nama yang kita kenal sekarang, Soekarno.

Hal ini dilakukan karena Soekarno kecil sering sakit-sakitan sehingga orang tua dari Soekarno mengganti nama kecilnya menjadi Soekarno yang memiliki makna yang unik juga. “Soe” artinya orang baik sedang Karno diambil dari nama tokoh perwayangan “Karna”.

2. Pernah Mengerjai Tentara Belanda

Pada masa penjajahan, aktivitas Soekarno sangat dijaga ketat oleh tentara Belanda.

Suatu hari saat sedang mengendarai sepeda, Soekarno diikuti oleh seorang tentara Belanda. Terbesit di pikiran Bung Karno kala itu untuk mengerjai tentara tersebut. Ia meninggalkan sepedanya di luar pematang sawah yang begitu sempit lalu masuk ke dalam pematang sawah itu. Melihat hal itu tentara Belanda tersebut terpaksa menggotong sepeda Soekarno dan mengikuti ke mana Soekarno pergi. Tentara tersebut berkali-kali terjatuh di pematang sawah karena membawa beban yang berat.

3. Sate Ayam 50 Tusuk

Sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, diadakanlah sidang pertama PPKI. Salah satu hasilnya adalah menetapkan Soekarno sebagai presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden.

Tetapi tahukah kalian perintah pertama Soekarno bukanlah membentuk kabinet atau hal lainnya? Tetapi perintah pertamanya adalah sate ayam 50 tusuk.

Jadi ceritanya ketika dalam perjalanan pulang setelah sidang PPKI, Soekarno berjalan kaki pulang ke rumahnya. Dalam perjalanan, ia menjumpai seorang tukang sate ayam. Langsung saja beliau memesan 50 tusuk sate ayam untuk ia lahap. Dan karena tidak ada tempat duduk di sekitarnya, ia melahap sate ayam tersebut dengan jongkok di pinggir got.

Wah, sebuah tamparan keras untuk pemimpin bangsa masa kini yang katanya sih gajinya “nggak cukup” untuk makan lobster di restoran mewah. Kalian tahukan siapa yang mimin maksud?

4. Cover Majalah TIME

Beberapa tahun lalu Indonesia boleh berbangga karena Presiden Jokowi menjadi cover di majalah terkenal, TIME.

Tapi tahukah kalian jika Soekarno pernah 2 kali menjadi cover di majalah TIME?

Soekarno menjadi cover di majalah TIME pada dua edisi yaitu Desember 1946 dan Maret 1958. Pada terbitan pertama beliau mendapat julukan “Putra Sang Fajar” karena ia merupakan orator yang ulung yang dapat mempengaruhi pendengarnya.

Sebelum “civil war”terkenal, Soekarno udah buat civil war duluan

5. Terkenal Sampai Mancanegara

Jalan Soekarno di Maroko

Di negara barat dan timur tengah, ia dikenal dengan nama Ahmed Soekarno. Bahkan di Mesir ada jalan yang bernama Ahmed Soekarno.

Tak hanya di Mesir, di Maroko dan Pakistan ada juga jalan yang bernama Soekarno. Di Rusia tepatnya di St Petersburg, nama Soekarno diabadikan sebagai nama mesjid.

6. Soekarno Kini Ada Filmnya

Adalah film biopic arahan sutradara handal Indonesia, Hanung Brahmantyo yang pada tahun 2013 lalu membuat film mengenai kisah hidup Soekarno sejak kecil sampai ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Walau dalam peluncurannya memiliki banyak kontroversi tetapi film ini layak untuk ditonton terutama untuk generasi muda yang mulai lupa sama founding father bangsanya sendiri.

Soekarno sendiri diperankan oleh Ario Bayu. Menurut mimin, Ario Bayu cukup sukses memerankan tokoh yang begitu legendaris dalam sejarah Indonesia dan dunia.

Soekarno dan Ario Bayu. Mirip gak guys?

Buat yang belum tahu siapa itu Ario Bayu, mungkin kalian bisa liat aktingnya sebagai Trian (calon suami Cinta) di film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Film ini seperti “karma” bagi Ario Bayu yang dalam film Soekarno meninggalkan Inggit untuk menikah dengan Fatmawati yang kelak menjadi penjahit bendera merah putih. Sementara di film AADC 2 ia malah ditinggalkan oleh Cinta yang berpaling karena Rangga. Sesuatu yang unik ya, guys.

Cinta yang kamu lakukan ke saya itu JAHAT
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s