Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Ilmu Komunikasi

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama “Ilmu Komunikasi”? Kebanyakan orang akan berpikir bahwa jurusan itu hanyalah untuk orang-orang yang jago berbicara dan pandai nge-MC.Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda patut mengetahui bahwa komunikasi adalah interaksi antara pengirim pesan dengan penerima pesan, serta bagaimana pesan tersebut disampaikan, dan dipahami oleh si penerima sehingga ia bisa memberikan aksi timbal-balik.

com

Komunikasi tidak semata-mata hanya perkara ngomong-ngomong saja, sebab ketika Anda sedang diam pun, sudah disebut sedang berkomunikasi. Tidak mungkin seseorang diam tanpa alasan. Pasti ada alasan mengapa seseorang diam, bisa jadi ia sedang sedih, marah, merajuk, atau bahkan sedang merasa jenuh. Perasaan-perasaan itulah yang mereka ingin sampaikan kepada orang-orang di sekitarnya dengan cara diam. Secara tidak langsung, orang yang diam sudah melakukan komunikasi.

Tidak sedikit pula orang-orang  yang malah mencibir jurusan Ilmu Komunikasi, “Cuma ngomong aja kok sampai dikuliahin? Nggak pandai ngomong, ya?”. Yang perlu digarisbawahi, jika komunikasi adalah perkara sepele, tidak mungkin terjadi salah paham antara Anda dengan teman atau bahkan kekasih Anda. Jika komunikasi adalah hal yang sepele, tidak akan mungkin terjadi konflik antarwarga atau antarkelompok karena misunderstanding. Jika komunikasi tidak perlu dipelajari karena terlalu enteng, tidak mungkin terjadi kasus penistaan lambang negara oleh seorang public figure. Dan jika komunikasi adalah hal yang gampang, tidak akan ada yang malu-malu saat disuruh berbicara di depan umum.

Ilmu Komunikasi akan membeberkan kepada Anda bagaimana media massa memiliki peranan yang sangat penting dalam menyebarkan sebuah pesan, informasi, idiologi, atau bahkan kampanye politik. Anda akan menyadari bagaimana faktor latar belakang suku dan budaya  bisa memengaruhi cara Anda berkomunikasi dan bersosialisasi. Jurusan ini akan membekali Anda bagaimana bisa berbicara mengatasnamakan perusahaan dalam kegiatan pemasaran Tidak hanya itu, di jurusan Ilmu Komunikasi, Anda akan mendapatkan wawasan-wawasan yang akan membantu Anda menyelesaikan problematika dan isu sosial-budaya yang terjadi di masyarakat Indonesia atau bahkan masyarakat dunia. Di jurusan ini, Anda akan menyadari bahwa komunikasi bisa menjadi sebuah solusi atau bahkan bisa menjadi sebuah pemicu konflik yang membawa emosi.

Secara umum, Ilmu Komunikasi akan dibagi menjadi dua peminatan, yakni: peminatan Jurnalistik dan peminatan Public Relation (Hubungan Masyarakat), meskipun di beberapa universitas ada yang menyediakan peminatan Majanemen Komunikasi, Periklanan, hingga peminatan Film dan Televisi.

Anda pernah bermimpi tampil di layar televisi membawakan sebuah acara berita? Atau Anda pernah berkhayal bisa mewawancari idola Anda secara langsung? Peminatan Jurnalistik cocok untuk Anda sebab peminatan ini akan membekali Anda menjadi seorang jurnalis dan pewarta berita yang andal dan profesional. Oleh karena itu, mata kuliah peminatan Jurnalistik akan condong mempelajari bahasa dan berita.

reporter

anchor

Anda penasaran bagaimana sebuah merek air mineral bisa menjadi ikon air minum di Indonesia dibanding dengan produk air mineral lainnya? Anda ingin bekerja di perusahaan dan ditempatkan di bagian marketing? Peminatan Public Relation tepat untuk Anda sebab peminatan ini akan menuntun Anda menjadi seorang komunikator yang memerantarai perusahaan/instansi dengan masyarakat. Oleh karena itu, mata kuliah di peminatan ini lebih condong mempelajari strategi manajemen dan pemasaran. Di luar daripada itu, kedua peminatan ini sama-sama mengkaji mengenai komunikasi, isu sosial, isu politik, dan isu seni budaya dan yang terjadi di masyarakat.

pr
Business meeting

Setidaknya, ada lima ilmu yang terintegrasi di jurusan Ilmu Komunikasi, yakni ilmu bahasa, ilmu budaya (antropologi), sosiologi, manajemen, dan seni. Seni yang dimaksud seperti fotografi jurnalistik, desain spanduk periklanan, dan seni berbicara di depan umum (retorika). Lengkap sekali, bukan? Jadi, jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya mengenai ngomong dan ngomong semata.

Lulusan Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasi (S.I.Kom.) dan bisa berkiprah sebagai news anchor, reporter, wartawan, jurnalis, pewara (MC), penyiar radio, editor, melanjutkan studi S-2 dan menjadi dosen, hingga bekerja di bagian pemasaran dan humas di perusahaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s