Xiaomi Yi 4K Action Camera: Generasi Kedua, Lawan GoPro Sesungguhnya

Setelah lama dinanti-nanti oleh pecintanya alias Mi Fans, juga setelah sebelumnya dipandang sebelah mata dari kompetitornya GoPro, segera hadir Xiaomi Yi 4K Action Camera. Inilah generasi kedua yang siap menantang eksistensi GoPro.

Berdasarkan beberapa sumber dan situs e-commerce dari Tiongkok, sudah terlihat bocoran kamera aksi Xiaomi terbaru ini. Meski sebelumnya gue sempat sangsi, namun material promosinya yang bocor tersebut bisa dibilang meyakinkan.

Pabrikan yang dikenal dengan perangkat-perangkat canggih dengan harga paling worth di kelasnya ini tampak tidak mau kehilangan momentum. Xiaomi yang notabene tidak memiliki anggaran marketing khusus ini tengah mempersiapkan sebuah kamera aksi generasi kedua yang disinyalir akan melengkapi varian Yi Action Camera pertamanya.

xiaomi-yi-action-camera-2 (2)

Mengapa saling melengkapi? Karena menurut analisis gue, Yi Action Camera generasi pertama masih tergolong mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengguna maupun calon pengguna kamera aksi di kelasnya. Apalagi dengan harga di angka satu jutaan Rupiah. Sedangkan generasi kedua yang akan bernama Yi 4K Action Camera ini memiliki spesifikasi dan fitur yang jauh di atas generasi pertamanya, dengan taksiran harga awal mencapai tiga jutaan Rupiah.

Desain Berbeda, Kini Berlayar Warna

Dari bocoran yang ada, Xiaomi Yi Action Camera 2 hadir dengan desain baru yang berbeda dibanding suksesornya. Kabar baik yang sekaligus juga menjadi kabar buruk. Baiknya adalah kamera ini akan terlihat lebih fresh dan berbeda, sedangkan buruknya adalah case, housing, dan aksesoris yang diciptakan khusus untuk Yi Action Cam 1 tidak bisa lagi digunakan.

Desainnya kini terlihat lebih memanjang. Tidak ada lagi tombol power di bagian depan. Yang ada hanyalah sebuah lensa 7 layers dengan bukaan aperture f/2.8 dan ditemani sebuah lampu LED indikator.

xiaomi-yi-action-camera-2 (4)

Sedangkan tombol fisik kini hanya tersisa 1 dan berada di bagian atas body kamera. Di kanan polos tidak ada apa-apa, sedangkan sebelah kiri terdapat sebuah slot tertutup. Belum ada bocoran itu slot apa, namun perkiraan gue sih slot untuk port kabel USB.

Akses baterai kini pindah ke bagian bawah. Seharusnya slot microSD juga demikian. Selain itu didampingi oleh sebuah lubang screw 1/4 inch yang berguna untuk dipasangkan ke monopod atau tripod universal sebagaimana kamera lainnya.

Di bagian belakanglah yang kini berbeda drastis. Finally, Xiaomi Yi Action Camera 2 dilengkapi sebuah layar. Tidak tanggung-tanggung, bukan lagi dengan layar monokrom atau sekadar indikator saja, layarnya Yi sudah touchscreen dan berwarna! Ukuran 2.19 inch dengan rasio 16 : 9, beresolusi 640 x 360 piksel atau 330 ppi yang sudah tergolong retina display. Bukan hanya itu, layar sentuhnya diproteksi Gorilla Glass.

Jeroan Anyar, Spesifikasi Semakin Gahar

Xiaomi membenamkan sensor baru untuk kameranya, Sony IMX377 dengan resolusi 12,35MP. Loh kok turun? Dulu bukannya 16MP ya?

Ya benar, untuk resolusi still photos yang ditangkap memang menurun dibanding pendahulunya. Namun sensor ini diklaim Xiaomi jauh lebih baik dibanding generasi perdananya. Sensor CMOS ini mampu merekam video dengan resolusi 4K murni (4 kali lipat dari full HD), juga dengan kecepatan sensor yang semakin meningkat.

xiaomi-yi-action-camera-2 (3)

Chip utama yang menjadi otak dari gadget ini juga diupgrade menjadi Ambarella A9SE75. Bingung? Pokoknya chipnya sudah setara GoPro Hero 4 Black Edition. Chip ini dibekali teknologi 28nm CMOS dan prosesor 800MHz dual core Cortex ARM-9, yang menjamin performa tinggi dengan konsumsi daya rendah.

Xiaomi Yi Action Camera 2 mampu merekam video beresolusi super tinggi 4K atau 3840 × 2160 piksel dengan kecepatan 30 frame per second (fps). Sedangkan jika memilih resolusi full HD (1080p), maka Yi ini sanggup merekam hingga kecepatan 120 fps. Malah jika “hanya” merekam dengan HD 720p, maka Yi Cam ini dapat merekam 240 fps yang menjamin halusnya pergerakan video ketika di-slow-motion.

xiaomi-yi-action-camera-2 (5)

Konektivitasnya seperti biasa, tetap ada Bluetooth dan Wi-Fi. Belum dipaparkan jelas versi Bluetooth dan Wi-Fi yang digunakan. Demikian dengan slot microUSB dan microHDMI. Slot memory card tetap ada dan wajib, yang berjenis microSD. Yang pasti untuk merekam 4K, diperlukan microSD berkualitas tinggi minimal class UHS-1.

Sektor penopang daya atau baterai juga dinaikkan menjadi 1400mAh dari 1010mAh. Dengan chip baru yang lebih hemat daya, waktu standby kamera diperkirakan sekitar 8 jam untuk sekali pengisian. Apabila digunakan untuk merekam 4K di 30fps, maka kemampuannya dapat menghidupkan kamera hingga kurang lebih 110 menit. Not bad.

Layak Ditunggu, Siap Diburu

Gadget keren ini menurut gue sangat layak ditunggu. Dengan taksiran harga jika dikurskan sekitar Rp3 – 4 jutaan, maka akan jauh lebih murah dibanding GoPro Hero 4 Black Edition. Gue pribadi sendiri siap memburunya jika sudah masuk ke Indonesia dan akan mereviewnya di sini. Stay tuned ya!

xiaomi-yi-action-camera-2 (1)

Nantikan pembukaan pre-order untuk Xiaomi Yi 4K Action Camera (Gen 2) ini di SAINTS STORE. Silakan favorit toko kita untuk update selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s