Unboxing dan Review Strawberry ST22

Jangan mentang-mentang sudah pakai smartphone, lantas handphone biasa dilupakan. Ada kalanya kita butuh di saat-saat yang tidak kita duga.

Gue iseng-iseng mencoba sebuah handphone atau ponsel lokal yang murah meriah di budget Rp150 ribuan, Strawberry ST22. Awalnya gue kaget, “Ada ya HP semurah ini?” Sudah gitu, ada kamera, dual SIM on, memory card, music player, flashlight, dan bahkan bluetooth. HP paling murah dari Nokia atau Samsung saja minimal masih Rp250ribuan dan itu juga hanya bisa telepon dan SMS.

strawberry-st22 (1)

Nah, daripada penasaran, gue langsung beli deh buat di-unboxing dan share ke elo semua.

Paket Penjualan

Strawberry ST22 datang dengan sebuah kotak minimalis yang berwarna biru. Sangat mirip dengan desain kotak Nokia 105, 107, atau 108 zaman dahulu sebelum diakuisisi Microsoft. Apa saja isinya?

strawberry-st22 (4)

Pas dibuka, terdapat sebuah handset di bagian atasnya. Di dalamnya, ada sebuah baterai tipe BL-5C, charger lubang kecil 2.5mm seperti Nokia, handsfree standar, lembar panduan singkat, dan kartu garansi.

Wah, lengkap banget ya untuk zaman sekarang. Gue aja kaget loh, dengan harga segitu bisa mendapatkan handsfree. Smartphone 2 jutaan sekarang saja sudah jarang yang menyertakan handsfree. Ya, meski kualitasnya ya jangan berharap banyak juga.

Desain

ST22 sepertinya adalah ponsel Tiongkok yang direbranding menjadi brand lokal. Tersirat namun tidak tertulis. Desainnya identik dengan vendor Nokia dengan seri 108-nya.

strawberry-st22 (5)

Ringan, kecil, dan kompak. Itulah yang gue rasakan saat memegang ponsel ini. Kebetulan unit yang gue beli hanya kebagian warna hitam, padahal terdapat banyak pilihan warna seperti cyan, merah, orange, putih, kuning, dan orange. Alhasil ponsel yang berada di tangan gue, semuanya dibalut dengan warna hitam.

Build quality-nya? Hmm, so-so lah. Tidak sehalus dan sebagus Nokia memang. Namun gue juga sadar diri dan tidak akan komplain jika membeli dengan harga segini.

strawberry-st22 (13)

Keypad dan navigasinya terbuat dari bahan karet. Cukup empuk dan enak ditekan meski menimbulkan bunyi yang cukup terdengar. Namun buat jari yang agak besar, navigasinya sering salah tekan karena komposisi karetnya yang menyatu.

Di bagian bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang charger kecil, dan port microUSB. Di sisi lainnya polos tanpa ada tombol atau port apapun. Di belakangnya ada kamera VGA dan sebuah lampu LED untuk senter. Terakhir di sisi depan, ada barisan keypad serta layar beresolusi 128 x 160 piksel dengan ukuran 1.8 inch yang di atasnya terdapat earpiece merangkap sekaligus speaker utama.

Fitur dan Antarmuka

Sebagai ponsel fitur (feature phone), Strawberry ST22 cukup digdaya di kelasnya. Hampir semua kebutuhan dasar ponsel ada di sini.

strawberry-st22 (6)

Dual SIM on, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua kartu SIM secara bersamaan. Cocok untuk orang yang mempunyai beberapa nomor dengan keperluan berbeda dan suka selingkuh. Ukuran SIM-nya adalah mini SIM atau SIM standar tanpa perlu dipotong.

ST22 juga disertai kemampuan slot memory card berjenis microSD. Tidak disebutkan berapa maksimal ukuran microSD yang didukung, namun gue sarankan tidak di atas 8GB.

Ada music player yang miskin pengaturan. Hanya ada tombol mengubah besar volume dan next/ previous lagu yang diputar. Lagu yang dimainkan cempreng dengan suara lumayan keras. Tidak istimewa namun cukup sebagai pelipur lara.

strawberry-st22 (12)

Kamera VGA yang dibawa juga “sekadar ada”. Dengan resolusi maksimal 640 x 480 piksel, hanya cocok digunakan untuk mengabadikan momen mendadak yang dapat dijadikan barang bukti atau bahan obrolan. Setidaknya orang akan lebih percaya jika ada visualnya daripada “ngomong doang”.

Ada juga konektivitas bluetooth dan browser internet GPRS. Namun gue sendiri malas tidak mencobanya karena memang sedang tidak dibutuhkan.

strawberry-st22 (3)

Flashlight berupa satu buah LED dapat dijadikan lampu penerangan di kala benar-benar darurat. Meski kalau harus jujur, masih lebih terang lampu senter LED yang ada di korek/ macis gas yang biasa dibeli seharga tiga ribu Rupiah di pinggir jalan.

Antarmuka atau user interface (UI) ponsel ini sangatlah standar. Kalau bicara user-friendly, masih jauh lebih baik dan lebih enak ponsel Nokia jadul sekalipun. Susunan menu utamanya 3 x 3 dengan warna yang tidak enak dipandang. Hmm, sudah murah kok banyak protes ya? Ya mau bagaimana lagi soalnya memang agak mengganggu sih.

strawberry-st22 (8)

Khusus menu Messaging (SMS), ponsel ini support karakter panjang. Meski lagi-lagi ada keluhan menurut gue. ST22 tidak didukung sent box sehingga kita tidak dapat melihat SMS apa yang telah dikirim. Perlu menjadi catatan tersendiri sih.

Baterai

Strawberry ST22 membawa baterai bertipe BL-5C seperti beberapa tipe Nokia. Tipenya sama namun baterai yang dibawa tidaklah sama dengan Nokia. Kapasitasnya tertulis hanya 500mAh.

Untuk penggunaan sebagai ponsel cadangan, ponsel ini mampu bertahan 2 – 3 hari dengan sekali charge. Cukup SMS dan telepon beberapa kali sehari, dengan kadang-kadang memutar lagu 5 menitan.

Kesimpulan

Strawberry ST22 cocok digunakan sebagai ponsel yang menyasar ke orang-orang dengan budget yang benar-benar mepet.

strawberry-st22 (2)

Fiturnya lumayan lengkap dengan paket penjualan yang komplit. Meski ada beberapa catatan yang mesti dilihat dan dimaklumi ketika meminangnya. Kualitasnya sendiri standar khas ponsel lokal dengan harga sekelasnya.

Namun jika elo mencari handphone cadangan atau backup yang tangguh dan tahan banting, ponsel dari vendor ternama misal Nokia 105 atau Samsung Keystone 3 masih lebih baik. Kualitas materai dan daya tahan baterainya masih jauh di atas ST22 ini.

Advertisements

26 Comments Add yours

  1. jim says:

    HP ini ada getarnya gak mas??

    Like

    1. Marlin says:

      Yang versi review ini ada, bro.

      Like

  2. alfy2 says:

    sama aldo bagusan mana mas… yang harga sebanding.

    Like

    1. Marlin says:

      Sama saja sih mas kalau soal kualitas. Sama-sama HP Tiongkok yang direbranding. Tinggal pilih mana yang berani memberikan garansi.

      Like

  3. Hairullah says:

    Hp yg aneh diam diam ngabisin pulsa.. pengaturan hp nya terhubung ke internet.. dan cara matikan koneksinya gak ada.. klo boleh tau gmn cara nya matikan koneksi nya..

    Like

    1. Saints ID says:

      Yakin karena internet? Punya kita malah ga bisa terhubung ke internet. Coba cek jangan-jangan ada service lain misalnya SMS premium atau RBT gitu.

      Like

      1. Andy says:

        Beneran ini gan karena internet, gprsnya aktif sendiri. Ane udh cek ga berlangganan layanan apapun.

        Like

  4. Azis m.n says:

    Mas cara buka penutup casing belakang gmn ya???tolong dbantu y,,

    Like

    1. Saints ID says:

      Tekan bagian kamera sambil tarik casing belakangnya saja.

      Like

      1. febri says:

        Mas gimana ya caranya mematikan suara tombolnya atau mengecilkannya

        Like

    2. ashwin says:

      Sama ni hp ngabisin pulsa

      Like

  5. Andy Rasyadi says:

    Ane ngalamin hal yg sama kayak agan Hairullah gan, gprs tiba-tiba aktif sendiri, nyedot pulsa diem2
    Ada yg tau cara matikan gprsnya?

    Like

  6. Ilman Laiqi says:

    serius nyedot pulsa bro, lagi cari cara menonaktifkannya, internet tidak bisa digunakan namun terkadang simbol G (gprs) muncul dan pulsa berkurang, entah apa yang tertanam dan tersembunyi didalamya, mungkin pembuatnya memasang program untuk upload beberapa data kita ke server mereka.
    mungkin untuk bbrp sim baru ada bonus internet, jd pengguna tak tau kalau ada sambungan internet, tp simku sim lama tanpa bonusan internet habis tak terpakai pulsanya. mau komplain kemana lagi, kartu garansi tlah gilang, hp dipakai malah malak pulsa, terpaksa dibuang.

    Like

    1. iwan says:

      ada yg udah nemu caranya gak ya gan pusing mikirin hp kayak gini pulsa abis trus tak terpakai

      Like

    2. iwan says:

      sama gan ane juga mohon kalau ada suhu yg bisa banti pecahin masalahnya
      mau di angurin sayang mau di pakek ngabisin pulsa ni hp dilema

      Like

      1. Ilman Laiqi says:

        ini lagi coba ane kasih simcard yang sudah terblokir ditaruh slot sim1 dan yang aktif ane pake di sim 2

        Like

  7. feria24 says:

    Akun wap/jalur akses nya hapus semua aja gan.

    Like

  8. iwan purnomo says:

    Sama gan hp ibu saya strawberry st22 juga mau plsa brp pun sllu terpotong alias lenyap
    Saya sudah 2x tlpn customerservice provider yg dipakai ibu saya,jwbannya sama terus yaitu dari hp strawberrynya aktif internetnya,memang saya coba sbnrnya tidak bisa buat internet,ttpi sllu saja muncul logo G di smping bar sinyal dan alhasil pulsa brp pun bablas.
    Parah bener ni hp bs nyedot plsa,pdhal logika nya gprs aja buat internet gk bs

    Like

  9. Gandhi says:

    Masuk layanan browser-data akun-pengaturan sim-rubah semua apn nya agar tdk bisa terhubung koneksi internet.. Makasih

    Like

  10. Gandhy says:

    Masuk layanan-akun data-hapus semua apn kosongin semua, nti tidak akan bisa konek ke internet… Maksih

    Like

  11. tocho says:

    Wah kabur nih yg punya blog..Ini hp penyedot pulsa..weduuzzzz.

    Like

    1. Marlin says:

      Hehe, habis pertapaan di gunung :mrgreen:
      Itu di komentar lain ada yang berikan solusinya dengan mengganti APN. Silakan dicoba Bro.

      Like

  12. isah_adja says:

    Aku juga ngalamin pulsa tersedot karena internetnya,padahal hpnya jarang disentuh kecuali klo ada telpen aja!! pas cek *887# pengeluaran gprs sekian KB.. Habis pulsa kesedot, sudah solusinya kah gan??

    Like

  13. ashwin says:

    Klo pake telkomsel enak gan.. cukup dimatikan gprs via sms gak disedot pulsa kita. Indosat ini yg parah udah hub CS cm suruh pindahin ke hp lain

    Like

  14. Ada Pengaturan GPRS nya ngga? Kalo ada, ubah APN dan IP nya jadi sembarang. Ane ngga punya ni hp. Dulu punya Nokia C1-01. Memang kadang aktif sendiri internetnya. Ane lakukan itu bisa. Kayaknya memang semua hape candybar yang bisa internet, begini, nyambung data sendiri. Pengen beli hape candybar lagi buat nostalgia. Tapi sayang ini batre hanya 500 mAh. Ga jadi beli tipe ini. Thanks sudah unboxing dan review, rasa penasaran sudah terjawab.

    Like

    1. Harga cuman 109rb di lazada.+ voucher dipotong 20rb. Jadi 89rb doang. Ke tempat ane (KLATEN) gratis ongkir. Beli sekalian gan hehe. Pengen tau si ST22 ini 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s