Instagram Kini Mendukung Fitur Multiple Account

Ribet nan repot harus sign-out dan sign-in setiap mau post di akun Instagram yang berlainan? Apalagi elo orang sibuk yang mengelola banyak akun bersamaan. Kini sudah ada solusinya.

Pindah Akun Cukup Sekali Tap

Fitur multiple accounts support sebelumnya telah hadir di aplikasi client Instagram di Windows Phone sejak tahun 2013, yaitu 6tag. Multiple accounts ini memungkinkan elo buat menampung 5 akun Instagram secara bersamaan dalam satu aplikasi di smartphone.

Dan akhirnya fitur ini kini dihadirkan secara resmi di aplikasi Instagram official untuk Android dan iOS. Dengan konsep serupa, fitur yang memungkinkan elo mengganti akun yang elo kelola secara mudah dan praktis.

Oh ya, sebenarnya fitur ini telah dibawa oleh aplikasi iOS dan Android sejak beberapa update sebelumnya. Hanya saja ketersediaannya masih disembunyikan oleh pihak Instagram dan belum dapat diakses oleh umum. Beberapa orang terpilih yang mengikuti beta tester-lah yang dapat menikmatinya.

Namun beberapa hari terakhir, Instagram secara terbuka merilis fitur ini untuk umum meski tidak digembar-gembor secara masif. Gue sendiri tahu pas mencoba utak-atik settingan Instagram untuk blog ini.

Mau mencoba juga? Gampang:

  1. Pastikan aplikasi Instagram elo adalah versi terbaru yang dapat diperbarui di App Store dan PlayStore.
  2. Buka halaman Personal (My account) di tombol bawah paling kanan.
  3. Tap tombol hamburger/ gir di kanan atas.
  4. Scroll ke bawah dan temukan “Add account”.
  5. Tap dan elo akan dibawa ke halaman sign-in atau sign-up Instagram.
  6. Masukkan informasi akun yang ingin dibuka.
  7. Voila! Kini elo dapat melakukan switch dengan tap area username elo di halaman Personal.
  8. Untuk membedakan akun satu dengan yang lain, icon orang di kanan bawah kini akan berganti menjadi avatar Instagram elo.

iOS

Android

Keterangan: Pada saat post ini gue buat, ternyata belum semua devices sudah kebagian untuk mengaktifkan fitur ini. Jadi harap bersabar ya.

Windows (Phone) Mobile

Sebagai tambahan informasi, meski versi official Instagram di Windows tidak mendapatkan update, di Windows Store terdapat aplikasi client Instagram yang sangat fungsional, penuh fitur, dan reliable.

6tag, Instagram client for Windows Phone dibuat oleh Rudy Huyn dengan fitur-fitur yang bahkan jauh mengungguli versi officialnya. Misalkan framing, multiple accounts, bahkan pengaturan theme dan pengaturan untuk men-disable kemampuan double tap to like.

Untuk mengakses kemampuan multiple accounts, justru lebih murah:

  1. Buka aplikasi 6tag.
  2. Tap tombol hamburger di kanan bawah (titik tiga).
  3. Pilih “Switch account”.
  4. Akan muncul halaman “Account Manager”.
  5. Silakan tap tombol Add di kanan bawah.
  6. Elo bakal dibawa ke halaman awal 6tag. Elo bisa memilih sign-in akun Instagram elo, connect ke Facebook, atau membuat baru menggunakan email.
  7. Masukkan informasi akun yang ingin dibuka. Jangan lupa check Accept Policy.
  8. Voila! Akun Instagram elo sudah masuk ke Account Manager.

Cara untuk switch sama seperti poin nomor 1 – 3. Bahkan lebih mudah karena bisa diakses dari halaman mana saja, baik home, explore, maupun notification.

Bagaimana? Berguna kan? Asal pemakaiannya wajar ya karena pihak Instagram sendiri sekarang semakin ketat untuk menyortir dan membatasi pembuatan akun palsu (fake account). Jadi jangan heran jika sewaktu-waktu akun elo diblock jika membuat clone terlalu banyak.

Hasta manana!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s