Takut Masuk SMA? Kenapa?

Sebagian besar yang sudah masuk SMA pasti pernah mengalami hal seperti ini. Padahal sudah hal biasa jika kita memasuki jenjang yang lebih tinggi, karna kita sudah dapat mempelajari yang lebih spesifik dari pelajaran-pelajaran yang pernah kita pelajari.

Pemikiran para murid baru “duh, gimana nih pas Masa Orientasi Sekolah? Nanti pasti di kerjain sama para senior.”, ” duh nanti aku pasti di bully karna gak punya kawan.” Dan lain-lain. Yang harus kalian pikirkan bukanlah hal-hal seperti itu. Malah kalian harus memikirkan jurusan apa yang akan kalian pilih dan setelah kalian memilih jurusan itu apa yang akan kalian pilih pada saat kuliah. Hal ini sebenarnya kalian sudah haruskan pikirkan pada saat SMP kelas 3, karena pemikiran kalian pasti panjang dan berbelit karna gua alamin hal seperti ini juga. Oke kita lanjut, bagaimana caranya kita bisa tau kalo jurusan pilihan kita akan membantu kita dalam penjurusan yang akan kita pilih.
image

Sebagai bahan sharing, saya sebenarnya suka hal-hal di IPA tapi saya masuk IPS dikarenakan saya lumayan tidak mampu di IPA di bagian Matematika, Fisika dan Kimia. Tetapi bukan karena ketidakmampuan kita menghalang kita dalam mencapai cita-cita kita karena Kurikulum 2013 (K13) memberikan kesempatan bagi anak dari jurusan manapun (IPA/S) untuk memilih penjurusan dari seberang sana ( maksudnya IPA bisa pilih salah satu pelajaran IPS dan sebaliknya ). Ada baiknya jika kita memikirkan bersama orang tua, bukan berarti kalian harus mengikuti paksaan atau suruhan orang tua. Tetapi dipertimbangkan yang mana bagusnya. Pada saat kalian mempertimbangkan kalian harus menanyakan hal seperti ” Jika saya masuk IPA atau IPS apakah saya akan menjadi apa yang saya inginkan? ” atau ” Jika saya memilih jurusan tersebut karena ada hubungannya dengan jurusan yang akan saya ambil? ” jika salah pertanyaan tersebut telah terjawab, kalian sebutkan jawaban tersebut kepada orang tua dan mempertimbangkannya kembali. Mungkin saya bisa memberikan pengalaman saya. Saya menanyakan orang tua saya mengenai penjurusan yang akan saya pilih saat SMA, dan orang tua saya menanyakan jika pilih IPS atau IPA apa yang di pelajari dan kalian jelaskan. Orang tua akan pasti mengerti dan menanyakan kembali pada kalian.
image

Pilih sebuah jurusan jangan karena prospek kerja di masa depan. Prospek kerja di masa depan itu berbeda-beda. Sekarang bisnis belum tentu kedepannya itu tetap bisnis bisa aja art design, designer, photographer, dan lain sebagainya. Nah, pencarian ini terbagi dua yaitu SainTek (Sains dan Teknologi) dan SosHum (Sosial dan Humaniora). Kalian tidak usah ambil pusing karena di beberapa sekolah- sekolah tertentu sudah ada yang melakukan test psikologi. Atau kalian bisa melakukan test psikologi di rumah sakit yang memiliki dokter psikologinya. Semoga kalian sukses kedepannya. Tetap semangat dan apa yang kalian pilih laksanakan! Wish you luck on your final exam!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s