10 Alasan Mengapa harus Upgrade ke Windows 10 (part 1)

Sejak pertama kali mengenal komputer, sudah pasti kita langsung dihadapkan pada komputer bersistem operasi Windows. Kemudahan pakai hingga dukungan kompabilitas yang luas menjadikannya primadona hingga kini.

Di tim Saints, kayaknya hampir semua menggunakan OS Windows. Kecuali Vivi yang baru akhir-akhir ini kesengsem dengan Macbook terbarunya. Luarnya sih Mac ya, nggak tahu jika dalamannya dijejali Windows juga.

Microsoft pada bulan Juli 2015 lalu resmi memperkenalkan Windows 10 yang diklaim sebagai versi terakhir Windows. Maksudnya? Ya, Windows 10 adalah versi terakhir yang dirilis oleh perusahaan besutan Bill Gates ini yang ke depannya akan terus diperbarui secara otomatis selama spesifikasi personal computer (PC) kita mendukung. Mirip-mirip iOS di iPhone gitu deh yang terus diupdate hingga mentok.

Gue sendiri bareng Kepin sudah mencoba OS teranyar yang diberikan upgrade secara gratis ini (gratis = dengan syarat punya OS Windows 7, 8, atau 8.1 asli loh ya).

Ini adalah 10 alasan mengapa elo harus upgrade ke Windows 10:

1. Gratis

Orang Indonesia mana yang tidak suka dengan yang namanya “gratis”? Seperti gue bilang sebelumnya, Windows 10 diberikan secara gratis berupa upgrade jika elo sudah mempunyai Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 original yang terinstall di PC.

Bagaimana kalau tidak? Ya, kita sebagai anak bangsa yang baik dan menghargai karya orang lain, tetap menyarani elo membeli lisensi resmi. Ga mahal kok. Untuk lisensi doang, harganya berkisar Rp300ribuan untuk 1 unit PC. Sudah cek tokopedia belum? Yang jual banyak… Banyak! *ngiklan*

2. Ringan

Windows 10 sering disebut sebagai OS yang ringan, yang dalam artian tidak membebani kinerja komputer elo. Tapi menurut gue ya kembali ke spesifikasi masing-masing sih. Tapi benar, kinerjanya memang jauh lebih baik dibanding pendahulunya Windows 8.1 bahkan Windows 7 sekalipun.

Apalagi untuk gaming, dengan dukungan DirectX terbaru membuat Windows 10 ini semakin powerful.

3. Gabungan Windows 7 + 8.1

Windows 7 adalah OS yang paling banyak dipakai pada saat artikel ini gue ketik. Mudah dipakai, stabil, dan engga pakai ribet. Sedangkan Windows 8.1 adalah penyempurnaan dari Windows 8 yang memiliki UI baru dan lebih modern untuk menyongsong semakin banyaknya penggunaan perangkat hybrid (dengan layar touchscreen tentunya).

Windows 10 menghadirkan semua kehebatan itu menjadi satu. Start menu yang mudah dipakai kembali hadir, dikombinasikan dengan live tile informatif khas Windows 8 yang touch-friendly.

4. Kerja bisa di mana saja

Pernah tidak, elo membayangkan lagi kerjain tugas di sekolah atau kerjaan di kantor namun belum selesai, trus bisa dilanjutkan di rumah? Kalau iya, sekarang hal ini sudah benar-benar nyata dan gampang.

Sebelumnya Windows 8 memang sudah mulai menghadirkan kemampuan ini sih, namun di Windows 10 lebih disempurnakan lagi kemampuan cloud storage-nya. Ya, cloud storage ini memungkinkan elo menyimpan segala sesuatu dan data-data secara awan, yang artinya elo bisa mengaksesnya dari mana saja selama memiliki akses ke akun elo. Mau buat berkas di kantor/ sekolah, trus baca di mobil, dan akhirnya print di rumah? Tidak masalah.

5. Otomatis dan Otomatis

Kita hidup di zaman semuanya sudah canggih, mudah, dan otomatis. Windows 10 pun demikian. Jika elo baru saja menginstall Windows 10 di PC, tidak perlu ribet lagi mencari driver ke sana dan ke sini. Diamkan aja PC elo selama 1 jam dengan koneksi internet aktif, dan voilaa semua sudah siap.

Hal yang sama juga berlaku di OS updates. Kalau Microsoft memberikan pembaruan untuk memperbaiki kinerja Windows 10, maka elo tidak akan ditanya lagi mau update atau engga. Semuanya serba otomatis dan kita tinggal menikmatinya. *asek*

(bersambung ke artikel selanjutnya)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s