Xiaomi Redmi 3, Jagoan Baru Smartphone Budget

Xiaomi, vendor asal Tiongkok ini memang booming di tahun 2015. Harganya yang sangat terjangkau dengan fitur dan spesifikasi mumpuni menjadikannya incaran penikmat teknologi, termasuk gue.

Redmi series adalah varian yang ditujukan untuk kalangan berbudget terbatas. Di dalamnya termasuk seri Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, dan Redmi Note yang secara resmi beredar di Indonesia.

Xiaomi Redmi 3

11 Januari 2016 secara resmi Xiaomi memperkenalkan seri terbaru Redmi 3 di Tiongkok. Oh ya, Redmi 3 berbeda dengan Redmi Note 3 yang juga baru diperkenalkan akhir tahun lalu.

Desain Redmi 3 kini lebih besar. Layarnya mengembang dari 4.7 inch menjadi 5.0 inch, meski resolusinya masih sama 1280 x 720 piksel. Back cover-nya kini dirancang dengan pola-bola yang eksentrik dan gaya. Pilihan warnanya pun hadir warna gold yang menjadi tren masa kini.

Seri yang di negara asalnya dikenal dengan nama Hongmi 3 ini turut dibekali dengan spesifikasi yang jauh lebih mumpuni dibanding suksesornya. Prosesornya kini dibekali dengan Snapdragon 616 Octacore dengan clockspeed 1.5Ghz, meningkat dibandingkan Redmi 2 berupa Snapdragon 410 Quadcore yang “masih” memiliki 1.2Ghz.

RAM-nya menjadi sebesar 2GB. Meningkat dibanding Redmi 2 yang sebesar 1GB dan sama dengan Redmi 2 Prime yang juga 2 GB. Internal memory membengkak dari 8GB menjadi 16GB.

Xiaomi Redmi 3 belakang

Sektor kamera juga meningkat drastis dari kamera utama 8MP menjadi 13MP. Kamera depannya di-upgrade dari 2MP menjadi 5MP. Oh ya, smartphone ini memiliki kemampuan dual SIM card yang slot SIM keduanya bersifat opsional dan dapat diganti menjadi microSD card hingga 128GB jika dibutuhkan.

Yang paling wah menurut gue adalah baterainya. Redmi 3 kini memiliki penyimpanan daya sebesar 4.100 mAh. Wah, bakalan awet dan tidak perlu bawa-bawa powerbank ke mana-mana nih.

Di balik semua kehebatan ini, Xiaomi tetaplah Xiaomi yang selalu membendrol harganya serealitis mungkin tanpa gimmick untuk marketing dan lain sebagainya. Di Tiongkok, gadget ini sudah dibuka pre-order seharga RMB 699 yang jika dikurskan ke USD sebesar $105 atau Rp1,5 jutaan. “Murah” kan?

So, Xiaomi Redmi 3 ini layak ditunggu. Kalau melihat pengalaman sebelumnya, harga di Tiongkok tidak berbeda jauh dengan di Indonesia jika dikurskan. Semoga ada flash sale deh karena gue bakal jadi yang pertama untuk rebutan. Hihihi. Doain dapat biar bisa direview di sini ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s