Ketika Banci Menjadi Highlight…

Pernah ketemu yang namanya banci? Biasanya ekspresi elo bagaimana? Lari atau ajak selfie? Bagaimana kalau banci dijadikan highlight?

pensi 12 ips 1_8215 SMA Santa Maria Pekanbaru

Hari ini tanggal 12 Januari 2016, kelas gue menampilkan pentas seni di lapangan SMA Santa Maria. Acara pensi gini sih sepertinya udah turun temurun, tapi gue juga ga tau pasti sejak kapan mulainya. Yang gue tau, pas gue udah nginjak SMA untuk pertama kalinya (re: kelas 10), senior 2 tahun diatas gue alias kelas 12, udah melaksanakan pensi ini. Yah, harusnya sih pensi ini tampilnya pas SMAYAVA di bulan Oktober. Tapi, karna Pekanbaru yang terserang asap sampai-sampai sekolah libur 2 bulanan, SMAYAVA digeser ke Januari dan begitu pula dengan pensi ini.

SOMETHING, Social One Mini Theatre Timria Ginting. Yas, itulah nama untuk pensi kelas gue, 12 IPS 1. Semuanya berawal dari jam 5 pagi hari ini, koordinator kelas gue (kebetulan Yiva juga bagian dari koordinator) memulai semua persiapan panggung mulai dari gantungin spanduk, mengambil speaker dan lainnya.

pensi 12 ips 1_9238

Sebenarnya, menurut gue jam 5 pagi datang ke sekolah itu agak…………….serem. Gimana ga serem coba, langit masih gelap dan bintang-bintang masih kelihatan. Jalanan semuanya plong, lampu lalu lintas yang menyala cuma lampu kuning. Tapi, kalian harus tetap hati-hati ya. Jangan karna jalanan plong, kalian main ngebut-ngebutan. Pagi ini aja, pas gue nebeng pergi bareng sama temen gue, kami nyaris tabrakan karna gak nampak mobil di jalanan yang gelap dan tak ada lampu. Bahaya kan?

Oke lanjut. Jam 5 pagi dengan muka bantal yang temen-temen gue pasang di wajahnya, mulai datang satu per satu dan mempersiapkan diri masing-masing untuk peran dalam pensi nanti. Saat kami lagi sibuk-sibuknya, eh ga sadar langit udah terang dan para siswa yang lain udah mulai berdatangan.

pensi 12 ips 1_2690 SMA Santa Maria Pekanbaru

Mulailah pensi kami yang diawali dengan pembukaan oleh MC Jerry dan William serta doa yang dipimpin oleh Cicilia. Sebagai acara pembuka sekaligus bertujuan untuk ‘membangunkan’ penonton yang masih pada ngantuk, perkusi tampil di urutan pertama. Awalnya perkusi ini berjalan dengan lancar, tapi pas udah di bagian tengah agak kacau dikit karna beatnya agak lari. Walaupun gitu, penonton pada sorak-sorak karna merasa asik menonton penampilan ini. In the end, our percussion did their best!

Next, drama dimulai dan narator mulai membacakan penjelas ceritanya. Setelah drama berjalan sedikit, tari tradisional masuk ke panggung dan memulai tariannya. Tepat setelahnya, penampilan dance pun sangat wow dan terbilang sukses. Penampilan dance ini sukses juga berkat salah satu temen gue yang dasarnya memang seorang dancer. Berkat bantuannya, penampilan kami (dan yes, dalam pensi ini gue dapat peran di penampilan dance dan drama) bisa maksimal.

pensi 12 ips 1_425 SMA Santa Maria Pekanbaru

Setelah penampilan dance, drama pun berlanjut. Ceritanya, gue berantem sama salah seorang anak tari tradisional karna udah mengambil tempat dance dan berakhir kami berdua dipanggil oleh guru ke ruang BK.

Saat bagian gue udah siap, masuklah para pemeran utama dari drama ini. Hmm, kalo kalian kenal dan menonton drama kelas gue hari ini, kalian pasti tau kan yang bikin lucu dan suasana drama menjadi hidup itu siapa? Yup, Setiawan Salim dengan ekspresi dan suaranya, Jesicha Latia dengan actingnya yang centil serta Jemmy yang melihat tingkahnya saja sudah lucu. Bahkan gue yang berada di backstage bisa ketawa ngakak pas ngintipin mereka drama.

Di sela-sela drama, tak lupa kelas gue juga mempersiapkan penampilan band. Lagu-lagu yang dibawakan band kelas gue, kebanyakan mengiringi jalan cerita drama, jadi lagu-lagu yang dinyanyikan tidak lari dari topik drama.

pensi 12 ips 1_6025

Dan menurut gue, disinilah highlight dari penampilan drama kelas gue. Ada 2 orang cowok yang berperan jadi ‘mama’ dari gue dan anak tari tradisional tadi aliaaasss banci. Mereka bahkan sampai pake wig, make-up, dress, flatshoes, aksesoris yang biasanya digunakan oleh cewek, dan tak lupa payudara buatan dari kaos kaki. Di iringi dengan lagu 2NE1 – I’m the Best, temen gue yang berperan sebagai mama gue masuk ke panggung sambil menggoda para penonton. Riuh suara penonton tak terelakkan, temen-temen kelas gue sendiri pun ikutan ketawa ngakak di backstageTemen gue ini memang boleh jadi banci guys, tapi pas dia ngomong, SUARANYA MACHO ABIS. Gak cukup dengan penampilannya yang udah menor abis, ditambah lagi suaranya yang memang sengaja dibuat macho membuat tawa penonton kembali meledak. Baru 3 detik penonton tenang, gelak tawa penonton kembali terdengar dengan sangat jelas saat temen gue si banci ini berteriak “APA?!” ke si guru dengan suara machonya sambil memukul meja sangat keras, seolah mengajak sang guru untuk berkelahi. Dan saat gue berkata, “Ma, ini gurunya loh, ma…”, secepat kilat ‘mama’ gue mengubah suaranya menjadi suara seorang banci bahkan menggoda gurunya. Jujur, disini gue mau mati rasanya karna berusaha keras nahan ketawa. Kalo pas latihan mah, minimal gue ketawa 10 menit untuk adegan ini…..

pensi 12 ips 1_7738

Selesai dengan bagiannya, masuklah banci kedua yang berperan sebagai mama dari anak tari tradisional. Iringan lagu Ayu Ting Ting – Sambalado dan lengkap dengan tariannya ditarikan oleh si banci yang satu ini. Di ceritakan saat di ruang BK, mama dari anak tari tradisional berkelahi dengan mama gue karna berdebat soal perkelahian gue dengan anak tari tradisional. Dan sekali lagi, gue harus nahan ketawa karena mendengar nada suara si banci satu ini. FEMINIM ABIS GUYS PADAHAL DIA COWOK, ANAK FUTSAL MALAH. Gerakan tangannya lemah gemulai pas nunjuk-nunjuk ‘mama’ gue, bahkan gue sampai sempat berpikir ‘Gila! Ni anak cowok sih emang. Tapi walaupun acting, gayanya lebih feminim daripada gue…’

Section drama ini berakhir dimana mama banci gue yang melempar ‘payudara buatan’ nya ke banci yang satunya karena sudah habis kesabaran dan mengejarnya sampai keluar ruangan BK bahkan membuat gue, anak tari tradisional dan guru turut mengejar mereka. (re: keluar panggung sehingga adegan drama selanjutnya dapat dijalankan.)

pensi 12 ips 1_5210

Tak berapa lama kemudian drama pun selesai. Di akhir pensi kelas gue, kami menampilkan penampilan special yaitu flashmob sebagai penutup dari acara pentas seni kami. Gue pun lega saat melihat reaksi penonton yang sangat enjoy dengan penampilan kelas gue. Sedikitpun mereka ga ada nunjukin wajah bosan, melainkan mereka menunjukkan wajah lelah karena lelah tertawa. Pas band nyanyi pun, para penonton ikut bernyanyi sehingga suasanya yang tercipta pun tidak garing.

Anyway guys, bagi kalian yang ga ikut nonton pensi kelas gue hari ini, menurut gue sih sungguh di sayangkan hihihi. Karna menurut gue, temen-temen sekelas gue yang udah latihan berkali-kali pun, tetap bisa ketawa ngakak di section banci dan drama, apalagi kalian sebagai penonton yang baru nonton pertama kali, kan?

Dannnn inilah cerita tentang pentas seni kelas gue hari ini. Sekian dulu yah dari gue guys, cuma kepengen cerita karna pensi kelas gue seru banget! Ini ceritaku, mana ceritamu? Btw, author di episode kali ini gue lagi, Vanvan.

 

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Mikhael tambunan says:

    Very nice. Kelas yg lain juga dong, saints! Bravo!

    Like

    1. desaintsid says:

      Kekurangan sumber nih, contribute dong 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s